Minggu, 17 April 2016

0

Analisis Sistem Informasi Posyandu

PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI
SISTEM INFORMASI POSYANDU DESA KAYANGAN-DIWEK-JOMBANG


Oleh :
Nurul Azizah (4114068)
Dosen Pengampu :

PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ‘ULUM JOMBANG
(UNIPDU)
Tahun Akademik 2016


Sistem Informasi Posyandu di Desa Kayangan Diwek Jombang
Identifikasi Masalah:
Permasalahan:
1.      Data-data yang ada diposyandu masih dikelola secara manual.
2.      Kebutuhan terhadap data balita dan data pemeriksaan yang memerlukan tempat untuk menyimpan dokumen.
3.      Kader posyandu kesulitan dalam proses pencarian data perkembangan balita yang ditulis secara terpisah.
4.      Sering terjadi kerangkapan dan kurangnya keakuratan data yang menimbulkan inkonsistensi data sehingga menghasilkan laporan yang tidak dapat terpercaya.
Identifikasi Masalah:
·         Penyimpanan data dalam bentuk kertas atau manual menimbulkan resiko yang cukup besar, seperti kebakaran, rusak, atau bencana alam yang bisa mengakibatkan data-data itu hilang, sehingga diperlukan sistem yang dapat menyimpan data lebih aman.
·         Adanya kerangkapan data ataupun kurangnya kelengkapan data mengakibatkan susahnya pencarian data yang tidak tersusun secara rapi yang mengurangi evisiensi dari data tersebut.
·         Dari berbagai masalah yang diungkapkan diatas maka pengembangan sistem Informasi Posyandu ini dibuat untuk membantu mengatasi permasalah-permasalahan yang muncul.
Analisis Kebutuhan:
Data yang dibutuhkan dalam pengembangan Sistem Informasi ini adalah:
·  Bayi/Balita            : no_anggota(*), nama_balita, tempat_lahir, tanggal_lahir, _kelamin, nama_ayah, nama_ibu, dusun, rt_rw, bb_lahir, pb_lahir.
· Dataperiksa   : no_anggota(*), kd_bulan(*), tanggal_catat, bb, tb, stts_penimbangan, stts_kesehatan, umur, fe1, fe2, a1, a2, oralit, bcg, dpt, polio, campak,     hepatitis.
·  Databulan             : kd_bulan(*), nama_bulan.
·  Data_kader           : id_kader(*), username, password.
Kebutuhan Fungsional:
Fungsi dari Sistem Informasi ini adalah:
·         Proses login untuk kader.
·         Proses pendaftaran balita baru oleh kader.
·         Proses pengelolaan data balita berupa input, update, save, delete, print.
·         Proses kelola data hasil pemerikasaan oleh kader , meliputi input, update, save, delete, print.

Tampilan User-Interface
·         Form Login


·         Halaman Utama



0 komentar:

Posting Komentar