PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI
SISTEM INFORMASI
SISTEM INFORMASI POSYANDU DESA
KAYANGAN-DIWEK-JOMBANG
Oleh :
Nurul
Azizah (4114068)
Dosen Pengampu :
PRODI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL
‘ULUM JOMBANG
(UNIPDU)
Tahun Akademik 2016
Sistem
Informasi Posyandu di Desa Kayangan Diwek Jombang
Identifikasi
Masalah:
Permasalahan:
1. Data-data
yang ada diposyandu masih dikelola secara manual.
2. Kebutuhan
terhadap data balita dan data pemeriksaan yang memerlukan tempat untuk
menyimpan dokumen.
3. Kader
posyandu kesulitan dalam proses pencarian data perkembangan balita yang ditulis
secara terpisah.
4. Sering
terjadi kerangkapan dan kurangnya keakuratan data yang menimbulkan inkonsistensi
data sehingga menghasilkan laporan yang tidak dapat terpercaya.
Identifikasi
Masalah:
·
Penyimpanan data dalam bentuk kertas
atau manual menimbulkan resiko yang cukup besar, seperti kebakaran, rusak, atau
bencana alam yang bisa mengakibatkan data-data itu hilang, sehingga diperlukan
sistem yang dapat menyimpan data lebih aman.
·
Adanya kerangkapan data ataupun
kurangnya kelengkapan data mengakibatkan susahnya pencarian data yang tidak
tersusun secara rapi yang mengurangi evisiensi dari data tersebut.
·
Dari berbagai masalah yang diungkapkan
diatas maka pengembangan sistem Informasi Posyandu ini dibuat untuk membantu
mengatasi permasalah-permasalahan yang muncul.
Analisis
Kebutuhan:
Data
yang dibutuhkan dalam pengembangan Sistem Informasi ini adalah:
· Bayi/Balita : no_anggota(*), nama_balita, tempat_lahir,
tanggal_lahir, _kelamin, nama_ayah, nama_ibu, dusun, rt_rw, bb_lahir, pb_lahir.
· Dataperiksa : no_anggota(*), kd_bulan(*), tanggal_catat, bb, tb,
stts_penimbangan, stts_kesehatan, umur, fe1, fe2, a1, a2, oralit, bcg, dpt,
polio, campak, hepatitis.
· Databulan : kd_bulan(*), nama_bulan.
· Data_kader : id_kader(*), username, password.
Kebutuhan
Fungsional:
Fungsi
dari Sistem Informasi ini adalah:
·
Proses login untuk kader.
·
Proses pendaftaran balita baru oleh
kader.
·
Proses pengelolaan data balita berupa
input, update, save, delete, print.
·
Proses kelola data hasil pemerikasaan
oleh kader , meliputi input, update, save, delete, print.
Tampilan
User-Interface
·
Form
Login
·
Halaman
Utama
0 komentar:
Posting Komentar